Diare pada anak bisa disebabkan oleh banyak hal seperti makanan yang terkontaminasi oleh bakteri, kondisi lingkungan yang tidak steril, hingga penyebab lainnya. Para orangtua sebaiknya tidak menyepelekan penyakit ini dan segera bertindak. Pasalnya diare berkepanjangan dapat menyebabkan anak mengalami dehidrasi yang akan membahayakan nyawanya.

Probiotik kapsul Antibiotic Associated Diarrhea sendiri merupakan salah satu jenis obat yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit diare pada anak. Namun untuk bisa mendapatkan dosis yang tepat, Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter dan memeriksakan kondisi diare anak.


Konsultasikan ke dokter faskes 1 anda (sumber : pixabay)

 

Cara Memilih Antibiotik untuk Diare Anak


Diare pada anak umumnya bisa disembuhkan dengan berbagai macam obat seperti larutan oralit, obat anti diare, hingga probiotik kapsul Antibiotic. Antibiotik sendiri biasanya direkomendasikan jika diare yang terjadi pada anak disebabkan oleh adanya infeksi bakteri.

Oleh karena itu pemeriksaan sangat penting untuk dilakukan karena antibiotik hanya bisa diberikan jika penyakit diare yang terjadi pada anak disebabkan karena adanya infeksi bakteri. Berbagai jenis bakteri yang dapat menyebabkan diare antara lain Staphylococcus, Salmonella, E. colii, dan juga Campylobacter.

Penggunaan antibiotic ini tidak bisa dilakukan begitu saja. Sebelum memutuskan penggunaan antibiotic, maka dokter biasanya akan memeriksa dan melakukan diagnosa terlebih dahulu. Penyebab gangguan pencernaan anak supaya sehat ini harus diketahui dengan benar sehingga antibiotic yang diberikan tidak salah.

Bakteri (sumber : pixabay)

Agar antibiotic dapat bekerja secara sempurna, maka Anda harus menggunakan antibiotik yang sesuai dengan jenis bakteri yang menyerangnya. Jika dosis yang diberikan tepat, maka antibiotic dapat membunuh bakteri yang menyerang saluran pencernaan anak. Namun jika dosis yang digunakan berlebihan, hal ini justru berbahaya karena akan menyebabkan bakteri menjadi resisten terhadap obat.

Walaupun terlihat sepele, namun penyakit diare harus dilakukan secara serius sehingga bahaya dehidrasi yang mengancam nyawa anak bisa dihindari. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu untuk menjaga kesehatan anak dan mencegah datangnya penyakit berbahaya, Anda juga bisa mencari berbagai artikel menarik seputar kesehatan anak melalui website www.guesehat.com

0 Comments