Weh bosan banget yak, sudah lebih sebulan nggak kemana-mana.

Meskipun bosan, harus tetap bersabar ya! Karena wabah ini adalah tantangan bersama, bukan cuma buat beberapa orang saja tapi juga seluruh dunia. Kalau mau protes ya protes saja, tapi tetap dirumah. Jangan keliling-keliling, apalagi sampai booking tiket buat liburan hehe.
Daripada suntuk, mending kita jalan-jalan online aja! 😎



Mengintip Dunia dengan Google Earth  

Semuanya pasti udah tau kalau google punya web google earth, alias peta online yang dibuat nyata dengan tampilan satelit bumi (bulat ya, nggak datar!). Hanya dengan satu klik, kita bisa berkunjung ke banyak tempat dan negara, bahkan bisa melihat pemandangan jalan, seakan-akan kita sedang berdiri di nongkrong beneran 😆

Google earth ini sudah ada sejak tahun 2004. Sudah 16 tahun lebih yak! Aku ingat dulu pas SMP, aku dan teman-teman pernah "jalan-jalan online" juga dikelas, pake google earth. "OTW kemana nih gaes? Ke menara eiffel aja?"

uwah menara eiffel!!
Jam kosong, dipake buat jalan-jalan online


Itu tahun 2010. Sekarang sudah satu dekade berlalu. Google earth makin keren karena street viewnya udah tambah banyak, bukan cuma view beberapa titik doang (iya ini aku masih ingat banget kalau dulu ga bisa ngeliat sampai depan rumah, cuma tampilan 2 dimensi aja), sekarang udah bisa sampai kedalam-dalamnya jalan bahkan ke ujung gang rumahku yang buntu.

Apalagi kalau kamu punya helm VR, jadi tampilan 3 dimensinya makin terasa nyata. Klik dikit, udah maju 50 meter. Kuy lah langsung simulasi jalan-jalan ke disneyland 😁


Google Earth untuk Edukasi Anak-anak


Buat orang tua yang udah kehabisan ide buat ngasih pembelajaran ke anak-anak dirumah, google earth ini bisa jadi media yang bagus. Terutama buat nge-edukasi mereka kalau bumi itu bulat

bumi itu bulat!


Atau, ngasih tau berapa jauh sih rumah kita dengan rumah nenek?

jarak rumahku ke rumah nenek


Google Earth buat Kamu yang Gabut Selama Karantina..


Ada juga tombol voyager dan I'm feeling lucky di sisi kiri peta. Keduanya adalah tools untuk orang-orang yang gabut.. Klik voyager untuk berjalan-jalan atau melihat atraksi melalui video dan gambar yang sudah dipilihkan oleh google.

aku tertarik buat ngeliat-liat ini...

wih rasanya familiar banget.. kalau di film ini kan asrama tempatnya para mutan X-men!


Tombol I'm feeling lucky bisa digunakan untuk merandom tempat tujuan.. Ya kan sudah kubilang ini buat orang-orang yang gabut. Jadi sekalian nambah pengetahuan, "oh disitu ada ini" gitu. Ya, siapa tau pas karantina ini udah kelar, bisa langsung cus jalan-jalan 😛

Mampir ke Ajusco, Mexico. Ingat Mexico, aku jadi ingat novel J-Files

Rencanakan Trip Selanjutnya Lewat Google Earth

Di masa yang tidak menentu gini, kita harus tetap optimis dan mempertahankan kewarasan. Yakin dan percaya aja kalau wabah ini akan berlalu dan kehidupan balik seperti normal! Karena itu, daripada melamun selama karantina, lebih baik list tempat-tempat mana aja yang pengen dikunjungi setelah karantina ini berakhir!


Di google earth, ada fitur Projects dimana kamu bisa menandai tempat-tempat yang menarik. Bisa buat apa aja, buat bikin album jalan-jalan sebelumnya, atau buat trip kamu selanjutnya. Menariknya lagi, project ini bisa kamu bagikan juga dengan teman-teman melalui link!




Yang pengen jalan-jalan ke Bengkulu, cus liat daftar tempat rekomendasiku yang udah kususun pake google earth! Kalau kamu klik, nanti tampilannya kayak peta gitu, ada gabungan street viewnya juga!

Akhir kata, enjoy yor trip @google earth 😝 stay safe, and wear your cloth mask!

17 Comments

  1. Gak butuh uang jadinya deh hahaha.. lebih praktis.. nanti mau ikutan nyobain ah 🤩

    ReplyDelete
  2. sebelum berkunjung ke destinasi sebenarnya aku juga sering pakai aplikasi ini kak untuk memantau secara singkat. hehe . biar tak gagok amat begitu sampai di lokasi sebenarnya.

    ReplyDelete
  3. Aku kenal Google Earth sekitar tahun 2006 atau 2007 gitu, emang inovatif buatan Google ini. Ga cuma anak-anak, orang dewasa juga tertarik kok. Apalagi masa pandemi begini, enak banget jelajah dunia pakai Google Earth, beneran bisa jadi media edukatif buat anak-anak. Tambah ilmu biar ga gabut, ga mesti keluar rumah.

    ReplyDelete
  4. Google earth ini ngebantu banget pekerjaan ku sih. dengan google earth aku bisa masukin alamat bangunan yang aku cari. terus bisa telusur juga untuk tahu letak titik koordinat suatu bangunan.
    Sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  5. Saya dulu itu tidak tahu ada google earth, Mbak Fira. Nah, pas komputer rakitan saya diservis, itu tukang servisnya coba google earth dan cari lokasi rumah saya hahaha. Sejak itu saya baru ngeh. Tapi jarang memang saya gunakan. Nah, boleh nih dicoba lagi. Jadi walau di rumah, tetap bisa jalan-jalan secara virtual hehehe.

    ReplyDelete
  6. Oke coba yuk jln2 virtual. Biar tambah tahu diluar sana ada apa yg menarik. Ke Jogja yuk

    ReplyDelete
  7. Aku membuka-buka google earth ini kalau penasaran pada satu tempat yang belum dikunjungi. Memang tampilannya benar-benar keren, kita serasa ikut berada di tempat tersebut.

    ReplyDelete
  8. Ini ngabisin kuota internet banget ga sih fir?. Aku nyobain trus ketagihan eh, abis itu kuotaku jadi seret wkwk.

    ReplyDelete
  9. Sekarang sudah nggak ada lagi tempat yg tersembunyi ya. Melalui Google Earth ini, detil jalan dan bentuk rumah juga bisa dilihat

    ReplyDelete
  10. Wah ini membuat proses belajar makin mudah ya..
    Teknologi makin memudahkan

    ReplyDelete
  11. Google Earth ini juga keren banget buat bikin seting cerita. Jadi lebih mudah menempatkan diri kita ada di suatu tempat yang belum pernah didatangi.

    ReplyDelete
  12. Gak perlu susah payah pergi ke tempat yang jauh, cukup pakai google eart kita bisa menikmati pemandangannya

    ReplyDelete
  13. Kalau melihat google earth, kesannya benar-benar lagi berhadapan langsung gitu. Soalnya beda tampilannya sama yang map pada umumnya ya

    ReplyDelete
  14. Wkwkwkwkwk saya sih kenal Google Earth itu sewaktu masuk mata kuliah GIS (Geospacial Information System). Memang bener enak banget dipake buat jalan-jalan ke mana pun kita suka. Walaupun online, tapi terasa emang seperti jalan beneran sih wkwkwk.

    ReplyDelete
  15. ya ampun aku baru nyadar Google punya fitur yg sangat berguna di masa di rumah aja ini. Udah tahu dari dulu sih, tapi tak pernah menggunakannya. Kalau punya banyak waktu luang dan sinyal bagus, sambil gegoleran di kasur juga bisa jalan2 kesana kemari ya. Haha.

    ReplyDelete
  16. Ah iya ya, kok ngga kepikiran liatin google earth ini ke anak2.. oke fix, habis gini ajakin anak2 jalan-jalan pakai google earth.

    ReplyDelete
  17. nah ide bagus ini mbak Fira, berhubung kita belum bisa jalan jaln, jalan jalan online aja dulu telusuri jalan yg ingin kita tuju, ke negara mana juga bisa. Bebas ya hihi. dan gratis

    ReplyDelete